Berbakti dengan Ilmu

"Dalam meraih keberhasilan akan penuh dengan tantangan"

September 21, 2020

PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENGAYAAN MATERI MATAKULIAH

 

PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENGAYAAN MATERI MATAKULIAH

Oleh: Hariadi Ahmad, M.Pd

Dosen Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika
Peserta DKT Daring Penguatan Karakter dari Unsur Fasilitator Pendidikan Keluarga Angkatan 6 Tahun 2020


Penguatan karakter ditunjang tiga unsur kemitraan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat (Tim DKT Daring Penguatan Karakter, 2020), Sesuai tujuan Pendidikan tinggi yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi yang mewujudkan peserta didik/mahasiswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

Namun kenyataan dilapangan masih terjadi kasus yang mencerminkan minimnya karakter profil pelajar pancasila, baik yang dilakukan oleh mahasiswa dan alumni di Nusa Teggara Barat, contoh Polisi menagkap 10 Orang dilingkungan kampus yang terlibat narkoba (Lombok Post, 17/7/2020). Kematian Mahasiwa yang ditemukan tergantung diventilasi rumah pelaku (Koran NTB, 3/8/2020), dan seorang anak bunuh ayah kandungnya di Mataram karena dibangunkan Solat (Regional Kompas, 04 Juni 2019).

Pendidikan tinggi sebagai agen perubahan serta memberikan pengaruh dan dukungan sepenuhnya terhadap pengembangan karakter, maka perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab besar dalam mengembangkan karakter mahasiswa yang dirancang dalam kurikulum, pedagogi dan asesmen yang dilaksanakan oleh dosen melalui pengajaran mata kuliah. Pengembangan penguatan karakter mahasiswa melalui pengayaan materi mata kuliah dapat dilihat pada gambar Ilustrasi/alur dibawah:

Ilustrasi/alur pengembangan penguatan karakter diatas, dijelaskan sebagai berikut:

Langkah 1: Laporan dan diskusi kebijakan ketua Prodi, setelah webinar Penguatan Karakter Angkatan ke 6 selanjutnya melaporkan hasil dengan memaparkan materi, serta diskusi kebijakan kaprodi dalam implementasi penguatan karakter dalam matakuliah.

Langkah 2: Diskusi bersama tim pengembang kurikulum dan tim layanan Bimbingan dan Konseling, setelah laporan kepada kaprodi dengan menyarankan diskusi mendalam dengan tim terhadap pengkajian setiap matakuliah yang dapat memberikan pengayaan materi penguat karakter dalam matakuliah

Langkah 3: Sosialisai materi penguatan karakter kepada seluruh dosen prodi, setelah melakukan diskusi dengan tim pengembang kurikulum dan layanan Bimbingan konseling, dan atas kebijakan kaprodi maka dilakukan sosialisai materi penguatan karakter kepada seluruh dosen yang mengampu matakuliah pada prodi dengan sistem daring.

Langkah 4: Implementasi materi penguatan karakter dalam pengayaan materi matakuliah, setelah dilaksanakan sosialisai melalui system daring, maka dosen memberikan pengayaan materi penguatan karakter dalam matakuliah yang diampu.

Dengan pengayaan materi penguatan karakter dalam matakuliah pada program studi, maka mahasiswa diharapakan menjadi SDM yang unggul merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai Pancasila sesuai dengan Permendikbud No 22 Tahun 2020, yaitu mahasiswa yang memiliki serta menjunjung tinggi karakter atau nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, nilai berkebinekaan global, nilai bergotong royong, nilai mandiri, nilai bernalar kritis, dan nilai kreatif.

 

Literatur

https://koranntb.com/2020/08/03/deretan-kejanggalan-kasus-kematian-mahasiswi-unram/ diakses, 17 September 2020.

https://lombokpost.jawapos.com/kriminal/17/07/2020/polisi-gerebek-narkoba-di-universitas-mataram-10-orang-ditangkap/ diakses, 17 September 2020.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/04/14562841/anak-bunuh-ayah-kandungnya-karena-dibangunkan-shalat-ini-5-faktanya?page=all diakses, 17 September 2020

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana stategis kementrian Pendidikan dan kebudayaan tahun 2020-2024. Kementrian Pendidikan dan Kebudayan. Jakarta

Tim DKT Daring Penguatan Karakter. 2020. PPT Paparan Penguatan Karakter. Pusat Penguatan Karakter. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi. Kemenkumham. Jakarta



No comments: